PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN 3 KOTA MAKASSAR

SARI WAHYUNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN 3 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (56kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Sariwahyuni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Sudirman 3 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sudirman 3 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sudirman 3 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan tiga kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPS berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sudirman 3 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:10
Last Modified: 12 Oct 2023 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34298

Actions (login required)

View Item View Item