EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 3 SATAP TONDONG TALLASA KAB. PANGKEP

MARDIYAH, SITTI (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 3 SATAP TONDONG TALLASA KAB. PANGKEP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Sitti Mardiyah.docx

Download (273kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa ditinjau dari aktivitas siswa, respons siswa, hasil belajar matematika dan keterampilan sosial. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa yang terdiri atas 2 kelas sebanyak 40 orang. Karena anggota populasi relatif kecil maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh (sensus) yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksaaan pembelajaraan, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, angket respons siswa dan angket keterampilan sosial .Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap pembelajaran, serta data keterampilan sosial siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1).Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang,(2) Tingkat ketuntasan secara klasikal pada post-test sebesar 85% dalam kategori tuntas,(3) Rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, (4) Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori aktif,(5) Respons siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) berada pada kategori positif dan (6) keterampilan sosial berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 15 untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa pada post-test, gain ternormalisasi serta data respons dan keterampilan sosial siswa signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) efektif diterapkan pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. ABSTRACT The research aims to discover the effectiveness of combination cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TSTS) type and Think Pair Share (TPS) type in mathematic learning in class VIII at SMPN 3 Satap Tondong Tallasa based on students’ activities, students’ responses, mathematic learning result and social skills. The research employed pre-experimental design with one group pretest –posttest design. The populations of the research were all of the students in class VIII at SMPN 3 Satap Tondong Tallasa consisted of 2 classes with the total of 40 students. Due to the member of population was relatively small, then the technique of taking the sample employed Saturated Sample where all of population members were the samples of the research. The instruments of the research were learning implementation observation sheet, learning result test, students’ activities observation sheet, students’ responses questionnaire, and social skill questionnaire. The data of the research consisted of students’ learning results data, students’ activities in learning data, students’ responses on learning data, and students’ social skill data. The data of the research were analyzed by using descriptive and inferential analysis. The results of descriptive analysis reveal that (1) students’ mathematic learning result in experiment class in medium category, (2) the level of classical completeness in post-test is 85% in complete category, (3) the average of normalized gain in medium category, (4) the students’ activities in learning is in learning is in active category,(5) the students’ responses to the implementation of combination cooperative learning model of Two Stay Two Stray type (TSTS) and Think Pair Share (TPS) type are in positive category and (6) social skill in good category. The results of Inferential analysis by using one sample t-test with the help of SPSS 15 to test the hypothesis indicates that the data of students’ learning result in the post-test, normalized gain, and responses data, and the students’ social skills are significant with the score of α = 0,05.Based on descriptive and inferential analysis result, it can be concluded that implementation of combination cooperative learning model of Two Stay Two Stray type(TSTS) and Think Pair Share (TPS) type are effective to be implemented in Cube and Block material in class VIII at SMPN 3 Satap Tondong Tallasa in Pangkep District.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:43
Last Modified: 30 Oct 2017 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3429

Actions (login required)

View Item View Item