PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SUDIRMAN IV MAKASSAR

UMRI UTAMI RANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SUDIRMAN IV MAKASSAR.

[img] Text
sampul judul proposal umri.doc

Download (88kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi Umri.doc

Download (78kB)
[img] Text
Skripsi Umri.doc

Download (12MB)

Abstract

Umri Utami Rani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Sudirman IV Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd.,M.Pd., dan Hj. Nurhaedah S.Pd.,M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Sudirman IV Makassar. Tujuannya untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Sudirman IV Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan tiga kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Sudirman IV Makassar. Subjek penelitian adalah 43 siswa dan 1 orang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IV SDN Sudirman IV bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru dan hasil observasi aktivitas belajar siswa berketegori Cukup, sedangkan pada Siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru dan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan pada kategori baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Sudirman IV Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:10
Last Modified: 12 Oct 2023 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item