PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURFAIDAH (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
3 SKRIPSI .docx

Download (22MB)

Abstract

Nurfaidah. 2014. Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah, S. Pd., M. Pd dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 22 siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah diterapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar yang diberikan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berada pada kategori sangat kurang karena perlakukan guru pada langkah-langkah pembelajaran belum optimal. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar berada pada kategori baik. Hal ini dipacu oleh refleksi yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan perlakuan guru terhadap langkah-langkah pembelajaran sudah optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:52
Last Modified: 11 Oct 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34274

Actions (login required)

View Item View Item