PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 6/80 BACU KECAMATAN TONRA KABUPATEN BONE

MEGAWATI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 6/80 BACU KECAMATAN TONRA KABUPATEN BONE.

[img] Other
SKRIPSI EGAZ 1.rar

Download (3MB)

Abstract

MEGAWATI. 2014. Penerapan Hasil Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 6/80 Bacu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M. Si dan Dr.Wahira, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Inpres 6/80 Bacu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa kelas V dalam penerapan model cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada bidang studi IPS di SD Inpres 6/80 Bacu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian pada penerapan dan hasil tes belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/80 Bacu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone sejumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT pada siswa kelas V pada siklus I dengan kategori sedang, meningkat pada siklus II dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 6/80 Bacu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:52
Last Modified: 11 Oct 2023 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34271

Actions (login required)

View Item View Item