PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MANSUR (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman i.doc

Download (174kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan hal. 1-6.doc

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA hal 67-68.doc

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.doc

Download (25MB)

Abstract

MANSUR. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Murid Kelas IV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si dan Dr. Suarlin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika di SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar Matematika murid. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan murid kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar murid kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan dan analisis aktivitas mengajar guru pada siklus I terlaksana dengan kategori kurang dan aktivitas belajar murid pada siklus I terlaksana dengan kategori kurang dan hasil pengamatan aktivitas mengajar guru pada siklus II terlaksana dengan kategori baik dan aktivitas belajar murid pada siklus II terlaksana dengan kategori baik. Hal ini didukung data hasil belajar murid setelah diberikan tes. Hasil pembelajaran siklus I persentase keberhasilan secara klasikal berada dalam kategori cukup dan hasil pembelajaran siklus II persentase keberhasilan secara klasikal berada dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:48
Last Modified: 11 Oct 2023 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34270

Actions (login required)

View Item View Item