AGUNG SURYADI SURIP (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 011 TATOA KABUPATEN MAMASA.
Text
AGUNG-AWAL.doc Download (84kB) |
|
Text
AGUNG-MATEMATIKA IV I.doc Download (542kB) |
Abstract
Agung Suryadi Surip. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Murid Kelas IV SD Negeri 011 Tatoa Kabupaten Mamasa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes., dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada murid kelas IV SD Negeri 011 Tatoa Kabupaten Mamasa? Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada murid kelas IV SD Negeri 011 Tatoa Kabupaten Mamasa. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas berbentuk siklus. Fokus penelitian adalah pembelajaran matematika realistik dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan murid sebanyak 24 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya dianalisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaitu hasil belajar matematika konsep operasi hitung bilangan berada pada kategori cukup tetapi belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Siklus II, hasil belajar matematika meningkat menjadi kategori baik, dan telah mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar matematika meningkat melalui pembelajaran matematika realistik pada murid kelas IV SD Negeri 011 Tatoa Kabupaten Mamasa. Peningkatan hasil belajar matematika konsep operasi hitung pecahan didukung oleh kualitas proses pembelajaran matematika realistik, yaitu aktivitas mengajar guru berupa: memperkenalkan masalah kontekstual kepada murid, menjelaskan materi, meminta murid menyelesaikan masalah, mempersentasikan hasil kerja, bertanya jawab, dan menyimpulkan materi, serta aktivitas belajar murid mengikuti pelajaran matematika pada kategori cukup siklus I, kemudian proses pembelajaran matematika realistik kategori baik pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:03 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34260 |
Actions (login required)
View Item |