PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BONTOJAI KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

ISLAMIYAH ARIEF (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BONTOJAI KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Sampul utama isla.docx

Download (17kB)
[img] Text
Skripsi Isla,S.Pd ^_^.docx

Download (477kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (25kB)

Abstract

Islamiyah Arief. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Drs. Faisal, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Bontojai. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas IV SD Inpres Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada murid kelas IV SD Inpres Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar murid. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Inpres Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada murid yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Kegiatan observasi dilakukan terhadap penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan mengamati aktivitas guru dan murid kelas IV SD Inpres Bontojai. Dari hasil observasi bahwa jumlah keseluruhan murid di kelas IV adalah 27, jumlah laki-laki 14 orang dan perempuan 13. Namun dari hasil evaluasi hanya 45% murid yang mendapat skor diatas KKM dan 65% murid yang mencapai skor dibawah ketuntasan. Namun setelah diadakan penelitian dengan menggunakan Model NHT menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPS berada pada kategori kurang (K) dengan ketuntasan belajar 55,56% dan pada siklus II hasil belajar murid mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB) dengan ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS murid kelas IV SD Inpres Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:09
Last Modified: 06 Oct 2023 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34257

Actions (login required)

View Item View Item