PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KOTA MAKASSAR

KASMA SILA (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KOTA MAKASSAR.

[img] Other
SKRIPSI KASMA SILA 104704162 PGSD.rar

Download (5MB)

Abstract

Kasma Sila. 2014. Penerapa pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M. Ed. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar siswa dengan subjek penelitian guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori baik (B) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B) dan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori baik (B) dan pada silklus II berada pada kategori baik (B). Data hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:16
Last Modified: 06 Oct 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item