PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 GANTARANGKEKE

Sitti Nursyamsi, Sitti Nursyamsi (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 GANTARANGKEKE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(18) JURNAL NURSYAMSI.docx

Download (74kB)

ABSTRACT This study included research and development (research and development) which aims to: (1) determine the quality (validity and practicality) devices pembelajara science-based skills of literacy that has been developed (2) determine the responses of the students after being taught using the learning science-based literacy skills ( 3) know how big the effectiveness of learning achievement using device-based science learning literacy skills. The development of learning tools using models of Thiagarajan (Four-D) were modified, which consists of four phases: (1) identification (identifity), (2) design (design), (3) develop (development) and (4) dessiminate (deployment). Collecting data using observation sheets, achievement test and questionnaire, then the data were analyzed with descriptive analysis techniques. Results of research on the learning science-based literacy skills that include: Learning Implementation Plan (RPP), Instructional Materials Students (BAPD), Worksheet Students (LKPD) and Test Learning Results show that (1) the science teaching skills-based literacy has been developed to produce a valid and practical devices, (2) a response from the students after being taught to use the device-based science learning literacy skills is positive (3) a device developed to provide the test results learners achieve mastery of 87.5% with the minimum completeness criteria to be achieved is 75. Keywords: Learning Tool Science, Literacy Skills ABSTRAK: Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas (Validitas dan kepraktisan )perangkat pembelajara IPA berbasis Keterampilan literasi yang telah di kembangkan (2) mengetahui tanggapan siswa setelah diajar menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis keterampilan literasi (3)mengetahui seberapa besar efektifitas pencapaian hasil belajar menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis keterampilan literasi. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang di modifikasi,yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) identifikasi(identifity), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran).Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian padaperangkat pembelajaran IPA berbasisketerampilanliterasi yang meliputi :Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajarmenunjukkanbahwa(1) perangkat pembelajaran IPA berbasis keterampilanliterasi yang telah dikembangkan menghasilkanperangkat yang valid danpraktis,(2) tanggapansiswasetelahdiajarmenggunakanperangkatpembelajaran IPA berbasisketerampilanliterasiadalahpositif (3) perangkat yang dikembangkandapatmemberikanhasil tes belajar peserta didik mencapaiketuntasansebesar 87,5% dengankriteriaketuntasan minimum yang harusdicapaiadalah 75. Kata Kunci:Perangkat Pembelajaran IPA, KeterampilanLiterasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:29
Last Modified: 30 Oct 2017 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item