PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NONEXAMPLES PADA SISWAKELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Riska Andriani Syamsuddin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NONEXAMPLES PADA SISWAKELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
skripsi riska andriani.docx

Download (6MB)

Abstract

Riska Andriani Syamsuddin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Example Non Examples Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Drs. Muh.Faisal, M. Pd . Prodi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examples pada SD Inpres Rappocini Kota Makassar? Penelatian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui pembelajaran kooperatif tipe Example non Examples pada SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seorang guru yang merupakan wali kelas IV dan siswa kelas IV SD Inspres Rappocini, berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 murid perempuan dan 14 murid laki-laki.. Fokus penelitin ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examples dan hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa pada siklus pertama berkategori sedang. Aktifitas mengajar guru pada siklus satu masih berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa juga berada dalam kategori cukup. Namun pada siklus kedua mengalami peningkatan dan berada pada kategori tinggi. Pada hasil observasi siklus kedua baik guru maupun siswa sudah mengalami peningkatan pada kategori sangat baik. Jadi disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Examples dapat meningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:29
Last Modified: 05 Oct 2023 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34235

Actions (login required)

View Item View Item