Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Konvensional Dan E - Learning Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada SD Gugus IV Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo

ANDI RESKI FEBRIAWAN (2023) Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Konvensional Dan E - Learning Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada SD Gugus IV Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo.

[img] Text
Andi Reski Febriawan Jurnal Bahasa Indonesia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian komparatif yang bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran efektivitas pembelajaran konvensional pada SD Gugus IV Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo 2) gambaran efektivitas e-learning menggunakan aplikasi whatsapp pada SD Gugus IV Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo 3) Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Konvensional dan E-learning Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada SD Gugus IV Kecamtan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran konvensional dan e-learning menggunakan aplikasi whatsapp, sedangkan variabel terikatnya adalah efektivitas pembelajaran. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik kuota sampling dengan hasil penarikan sampel terdiri dari 30 jumlah responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu kuesioner berupa angket dandokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian angket efetivitas pembelajaran konvensioan dan e-learning menggunakan aplikasi whatsapp kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji paired sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran Efektivitas pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat efektif hal tersebut dari nilai rata rata hasil pengisisan angket efektivitas pembelajaran konvensional (2) Gambaran Efektvitas e-learning menggunakan aplikasi whatsapp berada pada kategori cukup efektif hal tersebut diperoleh dari nilai rata rata angket efektvitas e-learning menggunakan aplikasi whatsapp (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada pembelajaran konvensional dan e-learning menggunakan aplikasi whatsapp dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran konvensional dan e-learning menggunakan aplikasi whatsapp pada SD Gugus IV Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Kata Kunci: pembelajaran konvensional, e-learning menggunakan aplikasi whatsapp, efektivitas pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:46
Last Modified: 04 Oct 2023 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34227

Actions (login required)

View Item View Item