NURUL HAMDANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG.
Text
4_Nurul+Hamdana.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya rasa percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas V SD Inpres Balang-Balang dan guru wali kelas V SD Inpres Balang-Balang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang. Hal ini dibuktikan dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif diterapkan dengan menggunakan Quantum Teaching tipe TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR lebih mengedepankan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menjadikan siswa lebih percaya diri, menumbuhkan keinginan siswa untuk belajar dan menciptakan rasa kerja sama antar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran quntum teaching, rasa percaya diri, tipe TANDUR
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:28 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34225 |
Actions (login required)
View Item |