PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG

NURUL HAMDANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG.

[img] Text
4_Nurul+Hamdana.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya rasa percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas V SD Inpres Balang-Balang dan guru wali kelas V SD Inpres Balang-Balang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang. Hal ini dibuktikan dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif diterapkan dengan menggunakan Quantum Teaching tipe TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR lebih mengedepankan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menjadikan siswa lebih percaya diri, menumbuhkan keinginan siswa untuk belajar dan menciptakan rasa kerja sama antar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran quntum teaching, rasa percaya diri, tipe TANDUR

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:28
Last Modified: 04 Oct 2023 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item