HUSWATUL HASANA (2023) Pengaruh Kegiatan Literasi Membaca Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Taring Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa.
Text
Artikel Huswatul Hasana.pdf Download (423kB) |
Abstract
Tujuan dari peneliti ini adalah mengetahui gambaran kegiatan literasi membaca Program Kampus Mengajar Angkatan 3, mengetahui gambaran minat baca siswa kelas tinggi, mengetahui apakah ada pengaruh antara kegiatan literasi membaca Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dengan minat baca siswa kelas tinggi di SD Negeri Taring Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-eksprerimen dengan jenis One Group Pre-angket-post-angket Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 dengan sampel berjumlah 54 siswa didapat menggunakan rumus Slovin dengan teknik Proportional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan Pre-angket serta Post-angket minat baca serta lembar obeservasi keterlaksanaan kegiatan literasi membaca. Tehnik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial dengan tehnik statistik t (uji t). Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan, (1) Gambaran kegiatan literasi membaca program kampus mengajar angkatan 3 berada pada kategori baik, (2) Gambaran minat baca siswa kelas tinggi di SD Negeri Taring meningkat dilihat dari minat baca siswa sebelum kegiatan literasi membaca berada pada kategori sedang dan setelah dilakukan kegiatan literasi membaca berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan literasi membaca Kampus Mengajar Angkatan 3 terhadap minat baca siswa kelas tinggi SD Negeri Taring Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Kegiatan Literasi, Membaca, Minat Baca, Siswa SD
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:18 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34224 |
Actions (login required)
View Item |