PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD INPRES PANGGENTUNGAN UTARA KABUPATEN GOWA

GEBRIANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD INPRES PANGGENTUNGAN UTARA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL_GEBRIANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran listening team terhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Inpres Panggentungan Utara Kabupaten Gowa dengan mengacu pada indikator keterampilan menyimak siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Desain untuk mencari pengaruh terhadap perlakuan tertentu, terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan dan desain penelitian yaitu. Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Panggentungan Utara yang berjumlah 80 orang siswa sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa IV A yang berjumlah 40 siswa dan siswa kelas B yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes keterampilan menyimak dan dokumentasi. Dan hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pertemuan I, II, dan III diperoleh data sebagai berikut : 1). Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan suasana kelas lebih kondusif, 2). Siswa dapat menyimak cerita, 3). Perhatian, minat, dan motivasi terhadap keterampilan menyimak semakin meningkat menggunakan model listening team, 4). Siswa aktif dalam proses pembelajaran,5) Seluruh siswa mengerjakan LKPD dengan baik, 6). Siswa dapat menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Keywords: Model Listening Team, keterampilan menyimak, Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:09
Last Modified: 04 Oct 2023 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34223

Actions (login required)

View Item View Item