STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN KELILING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE

NUR AFIFAH AULIA SARI (2023) STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN KELILING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
JURNAL AUL14.pdf

Download (591kB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang strategi pengelola perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelola perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelola perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Subjek pada penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 3 pengelola. Kriteria pemilihan informan dari unsur pengelola perpustakaan ditentukan dengan kriteria pengelola terlama di perpustakaan keliling dan mengetahui berbagai hal yang sifatnya teknis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengelola perpustakaan keliling sangat berperan penting dengan meningkatkan minat baca anak, dapat dilihat dengan cara melaksanakan strategi minat baca, belajar mengajar dan lapak baca sehingga anak lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan melalui kegiatan ini sehingga minat baca anak bisa dikatakan meningkat. Kata kunci :Strategi,Minat Baca,Perpustakaan Keliling

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 05:48
Last Modified: 04 Oct 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34220

Actions (login required)

View Item View Item