KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DI SMKN 2 GOWA (Studi Tentang Pemenuhan Standar Kompetensi Sosial Kepala Sekolah berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007)

LUTFIAH RAHMAYANI SALEH (2023) KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DI SMKN 2 GOWA (Studi Tentang Pemenuhan Standar Kompetensi Sosial Kepala Sekolah berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007).

[img] Text
JURNAL LUTFIAH RAHMAYANI SALEH_1843041014.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Sosial Kepala Sekolah di SMK Negeri 2 Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kepala Sekolah dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain, berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakasek bidang humas, wakasek bidang kurikulum, guru BK, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial yang dimiliki oleh Kepala Sekolah di SMK Negeri 2 Gowa telah memenuhi standar kompetensi sosial yangharus dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah berdasarkan Permendiknas nomor 13 Tahun 2007. Hal ini dibuktikan dengan Kepala Sekolah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak baik itu pihak internal sekolah maupun pihak eksternal sekolah, seperti kerja sama dengan komite sekolah, guru dan karyawan, peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah. Selain kerja sama, Kepala Sekolah juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, antara lain kerja bakti, sosialisasi, serta kegiatan donor darah. Kepala Sekolah juga memiliki kepekaan sosial yang baik, hal ini dapat dilihat dari Kepala Sekolah mampu menggali dan menyelesaikan permasalahan yang ada di sekolah, serta memberikan bantuan kepada guru maupun masyarakat yang terkena musibah. Kata Kunci: Manajemen, Kompetensi Sosial

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:30
Last Modified: 04 Oct 2023 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34213

Actions (login required)

View Item View Item