Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Yaa Bunayya Makassar Pada Pelajaran Matematika

ZAKIYAH SHALEHAH (2023) Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Yaa Bunayya Makassar Pada Pelajaran Matematika.

[img] Text
artikel zakiyah.pdf

Download (594kB)

Abstract

Pendidikan memuat kegiatan belajar dan mengajar. Media komunikasi dalam proses pembelajaran sering disebut dengan media pembelajaran. Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Semakin efektif media pembelajaran yang digunakan maka akan semakin efektif pula proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung selama empat kali pertemuan dan diobservasi menggunakan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media audio visual (media video pembelajaran), hasil yang diperoleh menunjukkan progres peningkatan disetiap pertemuan dan dikategorikan efektif. Kata kunci: Video pembelajaran, Hasil belajar, dan Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:04
Last Modified: 04 Oct 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item