PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD CENTER MALAKJI KAB.GOWA

INSANI AMALIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD CENTER MALAKJI KAB.GOWA.

[img] Text
JURNALl NSANI AMALIA.pdf

Download (580kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini memiliki dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Penggunaan teknologi memudahkan proses pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang tidak monoton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D).Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui tingkat kebutuhan media video pembelajaran, 2) mendesain media video pembelajaran, 3) mengetahui validasi media video pembelajaran, 4) mengetahui kepraktisan media video pembelajaran, 5) mengetahui tingkat keefektifan media video pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dilaksanakan di SD Center Malakaji Kab. Gowa. Subyek penelitian terdiri dari 30 siswa, 1 guru, dan 2 validator yang ahli dalam bidang materi dan media. Data dikumpulkan melalui angket penilaiankebutuhan, validasi materi, validasi media, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, serta tanggapan guru. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) hasil yang diperoleh dari tingkat kebutuhan siswa menunjukkan kualifikasi cukup dibutuhkan. 2) dalam perencanaan media video pembelajaran, digunakan aplikasi Powtoon. Hasil pengembangan ini berupa video animasi, yang terdiri dari empat bagian, yaitu pendahuluan, penyajian materi, latihan soal, dan kesimpulan. 3) validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan hasil yang sangat baik. 4) untuk menguji tingkat kelayakan produk, dilakukan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan tanggapan guru. Dari ketiga uji coba tersebut, diperoleh hasil kualifikasi sangat baik. 5) hasil dari tes hasil belajar (pre-test) menunjukkan tingkat keefektifan yang cukup baik, sedangkan hasil dari tes hasil belajar (post-test) menunjukkan tingkat keefektifan yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti memiliki tingkat validitas yang tinggi, praktis dalam penggunaannya, dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran IPA. Kata Kunci : Pengembanagan, Media Video Pembelajaran, IPA Kelas V

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:52
Last Modified: 04 Oct 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34210

Actions (login required)

View Item View Item