PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TEKNIK GRAFFITO TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TURATEA JENEPONTO

MIRANDA (2023) PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TEKNIK GRAFFITO TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TURATEA JENEPONTO.

[img] Text
Artikel Miranda.pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh menggambar dengan pensil warna dan tusuk gigi terhadap kemampua kreatifitas anak kelompok B TK Negeri Pembina Turatea Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen design. Sampel penelitian ini adalah kelompok B TK Negeri Pembina Turatea Jeneponto. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian terdiri 12 anak yang dibagi 6 sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Dilihat dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan kreatif anak yang mendapatkan perlakuan teknik menggambar graffito dengan pensil warna dan tusuk gigi lebih baik pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok pembanding. Hasil analisis data menunjukkan ada kenaikan rata�rata kemlompok eksperimen disbanding dengan kelompok kontrol. Hasil tes menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari sini dapat disimpulkan bahwa menggambar dengan teknik graffito menggunakan pensil warna dan tusuk gigi memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Negeri Pembina Turatea Jeneponto. Kata Kunci: menggambar teknik graffito, pensil warna dan tusuk gigi, kreativitas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:57
Last Modified: 04 Oct 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34206

Actions (login required)

View Item View Item