PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

DYRDA GEOVANY NOFRYWAN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (321kB)

Abstract

DYRDA GEOVANY NOFRYWAN, 2023, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Civic Knowledge Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas IV SPF SD Negeri Sudirman III. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Nurfaizah dan Nasaruddin)Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetetahui gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, untuk mengetahui gamabara gambaran civic knowledge dan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model problem based learning terhadap civic knowledge siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas IV SPF SD Negeri Sudirman III.Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Design dengan bentuk pretest-posttest controlgroup design. Variabel penelitian ini adalah model problem based learning dan civic knowledge. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVa dan IVb SPF SD Negeri Sudirman III. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik sampel Simple RandomSampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning pada kelas eksperimen berlangsung secara sangat baik 100%, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai signifikan Fhitung=5.071lebih besar dari Ttabel=2.021dengan taraf signifikan α5 sehingga Ho di tolak dan Ha a di terima, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learningterhadap civic knowledge siswa kelas IV SPF SD Negeri Sudirman III Kata Kunci: model problem based learning, civic knowledge

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:09
Last Modified: 04 Oct 2023 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34201

Actions (login required)

View Item View Item