PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PESERTA DIDIK MAN DAMPANG BANTAENG

Syafiuddin, Syafiuddin (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PESERTA DIDIK MAN DAMPANG BANTAENG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(5) JURNAL SYAFIUDDIN.docx

Download (76kB)

ABSTRACT: This study included research and development (research and development) which aims to: (1) To determine the software development process based approach to learning Biology Scientific (2) In order to produce devices based approach to learning Biology Scientific valid, practical, and effective. The development of learning tools using models of Thiagarajan (Four-D), which consists of four phases: (1) define (defining), (2) design (design), (3) develop (development) and (4) dessiminate (deployment) , The trial devices implemented learning on the learner class X.1 Specialisation IPA MAN Dampang Bantaeng the academic year 2015/2016. Collecting data using observation sheets, achievement test and questionnaire, then the data were analyzed with descriptive analysis techniques .. The results showed the expert validation based learning Scientific approaches have met the criteria of validity. Based on observational analysis keterlaksanaan learning device and the response of teachers during field trials can be concluded that the developed learning tools that meet the criteria of practicality. Learning tools developed have met the four requirements that effectiveness criteria; (1) the study of students have completed the classical, (2) management of learning are in the very good category, (3) the activities of learners are in the very good category, and (4) the response of learners in the category was very positive. showed that (1) the learning device obtained in this study is Learning Implementation Plan (RPP), Book of Students (BPD), Worksheet Students (LKPD) and Test Results Learning (THB) then obtained a learning device is valid, practical, and effectively so that used in learning. Keywords :Device Pendekatan.Saintifik , Valid, Practical, and.Efektif ABSTRAK: Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahuiproses pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan Saintifik (2) Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas X.1 Peminatan IPA MAN Dampang Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Saintifik telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon guru pada saat uji coba dilapangan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (3) aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta Didik (BPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB) maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci:Perangkat Pendekatan.Saintifik,Valid, Praktis, .dan.Efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:14
Last Modified: 30 Oct 2017 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item