Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV UPT SPF SD Negeri Gunung Sari I Kota Makassar

Ayu Pratiwi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV UPT SPF SD Negeri Gunung Sari I Kota Makassar.

[img] Text
SKRIPSI-AYU PRATIWI-PGSD-1847441004.pdf

Download (10MB)

Abstract

Ayu Pratiwi, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV UPT SPF SD Negeri Gunung Sari I Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Muhammad Irfan) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran kartu kuartet dalam muatan pembelajaran IPS, gambaran hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Gunung Sari I Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari I Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas IVA dan 22 siswa kelas IVB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran kartu kuartet yaitu pada pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Hasil analisis inferensial diperoleh P = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Didukung dengan nilai rata-rata hasil posttest siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu kuartet sangat baik. (2) hasil tes menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:03
Last Modified: 02 Oct 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item View Item