Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak autis kelas IV di SLB Arnadya Makassar

ANGGRIYANI RESTIOWATI LAHAY (2023) Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak autis kelas IV di SLB Arnadya Makassar.

[img] Text
PJE ANGGRIYANI RESTIOWATI LAHAY.pdf

Download (875kB)

Abstract

ANGGRIYANI RESTIOWATI LAHAY, 2021. Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak autis kelas IV di SLB Arnadya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M. Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M. Si; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca pemahaman anak autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Arnadya Makassar dan ditemukan anak yang belum mampu memahami isi bacaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada anak autis kelas IV melalui penggunaan media big book. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mngetahui: (1) Gambaran kemampuan membaca pemahaman pada anak autis kelas IV sebelum diberikan intervensi (baseline 1/A1), (2) Gambaran kemampuan membaca pemahaman pada anak autis kelas IV selama diberikan intervensi (B), (3) Gambaran kemampuan membaca pemahaman pada anak autis kelas IV setelah diberi intervensi (baseline 2/A2), (4) Gambaran kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan media big book berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada anak autis kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas IV berinisial AM. Penelitian ini eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kemampuan membaca pemahaman subjek AM mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan membaca pemahaman subjek AM selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori cukup dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) kemampuan membaca pemahaman subjek AM setelah diberikan perlakuan menetap pada kategori cukup dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan membaca pemahaman subjek AM berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan anak sangat rendah, meningkat ke kategori cukup selama diberikan perlakuan, dan dari kategori cukup pada kondisi selama diberikan perlakuan menetap pada kategori cukup setelah diberikan perlakuan, dan nilai yang diperoleh subjek AM lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan membaca pemahaman anak setelah diberikan perlakuan dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:56
Last Modified: 02 Oct 2023 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item