Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Microsoft Office Sway

KHAFIFAH DARWIS (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Microsoft Office Sway.

[img] Text
Jurnal Skripsi Khafifah Darwis.pdf

Download (526kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Microsoft Office Sway pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dan penggunaan media Microsoft Office Sway. Setting penelitian ini adalah SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2021/2022. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dengan jumlah siswa 26 orang terdiri dari 11 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa serta nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun pencapaian pada siklus I, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada pencapaian siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik (B). Tes hasil belajar IPS siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Microsoft Office Sway dapat meningkatkan hasil belajat IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Microsoft Office Sway, IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:50
Last Modified: 29 Sep 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34178

Actions (login required)

View Item View Item