Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berbasis Komik Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kabupaten Maros

RAHAYU (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berbasis Komik Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kabupaten Maros.

[img] Text
jurnal 1.pdf

Download (396kB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berbasis Komik Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kabupaten Maros. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. dan Prof Dr Rohana, M.Pd.). Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berbasis Komik Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kabupaten Maros. Pendekatan ini menunggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental dengan bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media gambar berbasis komik siswa SD Negeri 11 Leang- Leang, (2) Gambaran keterampilan menulis siswa SD Negeri 11 Leang-Leang, (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar berbasis komik terhadapat keterampilan menulis siswa SD Negeri 11 Leang-Leang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar berbasis komik, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Leang-Leang yang berjumlah 13 orang dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes keterampilan menulis narasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media gambar berbasis komik termasuk dalam kategori efektif, (2) Keterampilan menulis narasi siswa termasuk dalam kategori Sangat tinggi, (3) Terdapat pengaruh media gambar berbasis komik terhadap keterampilan menulis narasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Penggunaan media gambar berbasis komik berlangsung secara efektif. (2) Keterampilan menulis narasi setelah penggunaan media gambar berbasis komik dilaksanakan lebih tinggi sebelum pengunaan model dilaksanakan. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis narasi. Kata Kunci: keterampilan menulis, media gambar, menulis narasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:45
Last Modified: 29 Sep 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34177

Actions (login required)

View Item View Item