Peningkatan Kemampuan Memasang Kancing Baju Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas III Di SLB Katolik Rajawali Makassar

AGNI AGATHA PATUARA (2023) Peningkatan Kemampuan Memasang Kancing Baju Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas III Di SLB Katolik Rajawali Makassar.

[img] Text
Jurnal Agni Agatha Patuara (1845042003) .pdf

Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan memasang kancing baju pada murid cerebral palsy kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan memasang kancing baju melalui teknik modelling pada murid cerebral palsysebelum diberi Intervensi, (2) Kemampuan memasang kancing baju melalui teknik modelling pada murid cerebral palsy selama diberi Intervensi, (3) Kemampuan memasang kancing baju melalui teknik modelling pada murid cerebral palsy setelah diberi Intervensi, (4) Mengetahui peningkatan kemampuan memasang kancing baju melalui teknik modelling setelah berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi intervensi dan setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy kelasIII di SLB Katolik RajawaliMakassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunkan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: (1) kemampuan memasang kancing baju subjek RQ sebelum diberi perlakuan kurang mampu berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan memasang kancing baju subjek RQ selama diberi perlakuan meningkat kekategori mampu dilihat dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) kemampuan memasang kancing baju subjek RQ meningkat setelah diberikan perlakuan ke kategori sangat mampu dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) Kemampuan memasang kancing baju pada murid cerebral palsy kelas III di SLB Katolik Rajawali Makassar, berdasarkan analisis dalam kondisi adalah pada kondisi awal kemampuan memasang kancing baju murid cerebral palsy tidak mampu, sehingga diberikan perlakuan menggunakan teknik modelling selama perlakuan diberikan murid cerebral pasly menunjukan perolehan nilai yang meningkat pada setiap sesinya. Setelah perlakuan dihentikan perolehan nilai murid cerebral palsy menaik ke kategori sangat mampu. Analisis antar kondisi yakni sebelum diberikan perlakuan kemampuan memasang kancing baju murid tidak mampu menjadi mampu pada saat diberikan perlakuan, selanjutnya dari kondisi pada saat diberikan perlakuan ke dihentikan kemampuan memasang kancing baju murid cerebral palsy menaik ke kategori sangat mampu. Dalam penelitian ini penggunaan teknik mdoelling berdampak dalam peningkatkan kemampuan memasang kancing baju pada murid cerebral palsy kelas III di SLB Katolik Rajawali Makassar. Kata kunci: kemampuan memasang kancing baju, Teknik modelling, Cerebral Palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:41
Last Modified: 29 Sep 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34176

Actions (login required)

View Item View Item