Peningkatan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III Di SLB Katolik Rajawali Makassar

ANDIANA PUTRI (2023) Peningkatan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III Di SLB Katolik Rajawali Makassar.

[img] Text
Jurnal Andiana Putri (1845040008)...pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas Dasar III di SLB Katolik Rajawali Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy di SLB Katolik Rajawali Makassar sebelum diberi intervensi (Baseline 1/A1). (2) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy di SLB Katolik Rajawali Makassar selama diberi intervensi (Intervensi/B). (3) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy di SLB Katolik Rajawali Makassar setelah diberikan intervensi (Baseline2/A2). (4) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu setelah menggunakan teknik modelling berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (Baseline 1/A1) saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (Baseline 2/A2). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: (1) Kemampuan memakai sepatu subjek RQ sebelum diberi perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan memakai sepatu subjek RQ selama diberikan perlakuan meningkat kekategori tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) kemampuan memakai sepatu subjek RQ meningkat setelah diberikan perlakuan ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan memakai sepatu subjek RQ berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan, dan dari kategori tinggi pada kondisi selama diberikan perlakukan ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan memakai sepatu murid setelah diberikan perlakuan dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Kemampuan memakai sepatu, Modelling, Cerebral palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:23
Last Modified: 29 Sep 2023 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34174

Actions (login required)

View Item View Item