PENINGKATAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT PARSEL MELALUI TEKNIK MODELLING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YPAC MAKASSAR

RAHMAWATI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT PARSEL MELALUI TEKNIK MODELLING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YPAC MAKASSAR.

[img] Text
13_Rahmawati,+Pendidikan+Khusus.pdf

Download (265kB)

Abstract

Kemampuan keterampilan vokasional adalah salah satu program keterampilan yang di kaitkan dalam suatu bidang yang bertujuan untuk mendapatkan bekal hidupnya dimasyarakat yang penting untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan keterampilan vokasional membuat parsel pada anak tunagrahita ringan sebelum menggunakan Teknik modelling. 2) Kemampuan keterampilan vokasional membuat parsel pada anak tunagrahita ringan sesudah menggunakan teknik modelling. 3) Peningkatan keterampilan vokasional membuat parsel melalui Teknik modelling pada anak tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berinisial AARB adalah anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB YPAC Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes perbuatan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kemampuan keterampilan vokasional membuat parsel sebelum dan setelah menggunakan Teknik modelling pada anak tunagrahita. Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat peningkatan keterampilan vokasional membuat parsel melalui teknik modelling pada Anak Tunagrahita ringan di SLB YPAC Makassar dengan nilai posttest 78,5%. Kata Kunci: kemampuan keterampilan vokasional membuat parsel, teknik modelling, anak tunagrahita.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:17
Last Modified: 29 Sep 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34173

Actions (login required)

View Item View Item