Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang

Tarisa (2023) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH TARISA .pdf

Download (277kB)

Abstract

Tarisa, 2023. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang. Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (di bimbing Lutfi B dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang tahun 2023 yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan, serta seorang guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahawa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa di setiap sikulus. Hasil tes siklus I berada pada kategori cukup (C) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas V SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining mengalami peningkatan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:40
Last Modified: 21 Sep 2023 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34167

Actions (login required)

View Item View Item