Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

KHUSNUL HATIMAH (2023) Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Khusnul Hatimah.pdf

Download (352kB)

Abstract

KHUSNUL HATIMAH, 2023, Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. (dibimbing oleh Farida Febriati dan Nurhikmah H) Pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) saat ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membentuk individu mahasiswa yang berkompeten dalam berbagai hal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi soft skill dan hard skill baru yang dapat diperoleh mahasiswa setelah mengikuti program MBKM, serta mendeskripsikan implementasi program MBKM dalam meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data pada penelitian ini ialah 42 mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNM yang telah mengikuti dan menyelesaikan salah satu dari dua program MBKM, yaitu Kampus Mengajar dan Magang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan menyebarkannya secara online, dalam bentuk google form. Teknik analisis data terdiri dari pengujian validitas, reliabilitas, serta dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa pelaksanaan program MBKM dapat memberikan mahasiswa beragam skill yang baru melalui pengalaman yang kontekstual di lingkungan yang baru dan bersama orang-orang yang ahli di bidangnya. Tak hanya itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa implementasi program MBKM dapat meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa. Persentase peningkatannya ialah terdapat sekitar 24% mahasiswa yang mengalami peningkatan pada level tinggi untuk kategori soft skill, dan 17% mahasiswa yang juga mengalami peningkatan pada level tinggi untuk kategori hard skill

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:52
Last Modified: 21 Sep 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34163

Actions (login required)

View Item View Item