Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada Kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong

Karmila Sari Alfianti (2023) Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada Kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karmila Sari Alfianti. 2022, Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada Kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Muhammad Akil Musi Dan A. Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Desaign atau quasi eskperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berhitung permulaan anak sebelum menggunakan media busy book di kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong, untuk mengetahui gambaran kemampuan berhitung permulaan anak setelah menggunakan media busy book di kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong, dan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada Kelompok A RA Islam Nurul Quddus Barombong. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A di RA Islam Nurul Quddus Barombong. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pusposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-taled) = 0,026 ≤ 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak artinya kemampuan berhitung permulaan anak dikelompok eksperimen lebih meningkat daripada dikelompok kontrol, ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media busy book terhadap kemampuan berhitung permulaan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:01
Last Modified: 21 Sep 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34156

Actions (login required)

View Item View Item