Upaya Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends di Kelas V SD Negeri 51 Lebang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

Muhammad Fikri Adnan Guntur (2023) Upaya Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends di Kelas V SD Negeri 51 Lebang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL MUH.FIKRI ADNAN GUNTUR.pdf

Download (695kB)

Abstract

Muhammad Fikri Adnan Guntur, 2023. Upaya Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends di Kelas V SD Negeri 51 Lebang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Rahmawati Patta,S.Si.,M.Pd). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada tingkat percaya diri yang dimiliki oleh siswa kelas V di SD Negeri 51 Lebang, rendahnya keaktifan siswa dalam setiap sesi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam peningkatan sikap percaya diri siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends di kelas V SD Negeri 51 Lebang. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart menggunakan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dan percaya diri siswa. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 51 Lebang, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan dengan subjek dalam penelitian terdiri dari siswa kelas V sebanyak 21 siswa tahun ajaran 2022/2023, dan objeknya berupa materi K13 tema 9 kelas V semester II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas V SD Negeri 51 Lebang dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil observasi percaya diri pada kategori sedang dan siklus II pada kategori sangat tinggi. Hasil angket percaya diri siswa siklus I pada kategori sedang meningkat pada siklus II pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends, maka percaya diri siswa kelas V SD Negeri 51 Lebang meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:27
Last Modified: 21 Sep 2023 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34151

Actions (login required)

View Item View Item