Pengaruh Minat Baca dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Kiki (2023) Pengaruh Minat Baca dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL_.pdf

Download (294kB)

Abstract

Kiki, 2023. Pengaruh Minat Baca dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Hj. Rosdiah Salam dan Hikmawati Usman). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex�post facto dan menggunakan desain penelitian uji parsiat (uji – t) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan ktersediaan sumber belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini yaitu, siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas dan parsial (uji – t). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa minat baca siswa klas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa termasuk sangat tinggi dan ketersediaan Sumber Belajar belajar juga sangat tinggi atau memadai serta Prestasi Belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia juga termasuk dalam kategori baik sekali. Hasil perhitungan parsial (uji – t) dianalisis secara statistik deskriptif dengan bantuan Statistical Packaged for Social Science (SPSS) 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Minat Baca siswa termasuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. (2) Ketersediaan Sumber Belajar termasuk dalam kriteria memadai atau baik sekali.(3) Prestasi Belajar siswa termasuk dalam kategori berprestasi dan sangat berprestasi. (4) Ada pengaruh minat baca da ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:55
Last Modified: 21 Sep 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item View Item