Penggunaan Metode Belajar Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPTD SDN 52 Panasakkang Kabupaten Maros

Rispa Ika Aliwardani (2023) Penggunaan Metode Belajar Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPTD SDN 52 Panasakkang Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL RISPA IKA ALIWARDANI.pdf

Download (424kB)

Abstract

Rispa Ika Aliwardani, 2022. Penggunaan Metode Belajar Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPTD SDN 52 Panasakkang Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Makkasau dan Syamsiah D). Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V UPTD SDN 52 Panasakkang Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode belajar joyful learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematikakelas V UPTD SDN 52 Panasakkang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V.A dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar berbasis joyful learning mengalami peningkatan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan siswa yang tuntas yaitu 8 siswa berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan siswa yang tuntas yaitu 25 siswa berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:34
Last Modified: 21 Sep 2023 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34148

Actions (login required)

View Item View Item