Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas VI SDN 255 Bonepute Kabupaten Luwu Timur

DESRI SAKIDE (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas VI SDN 255 Bonepute Kabupaten Luwu Timur.

[img] Text
1847040008_Desri Sakide_Jurnal.pdf

Download (2MB)

Abstract

DESRI SAKIDE, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas VI SDN 255 Bonepute Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Abdul Rahman) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI; (2) Mengetahui gambaran keterampilan proses IPA siswa kelas VI; (3) Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Proses IPA siswa kelas VI SDN 255 Bonepute. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 255 Bonepute. Teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulam data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik infernsial yang digunakan yaitu uji hipotesis.Hasil penelitian bahwa (1) Berdasarkan hasil observasi penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat efektif; (2) Terdapat peningkatan keterampilan proses IPA siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses IPA siswa.Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:30
Last Modified: 21 Sep 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34147

Actions (login required)

View Item View Item