Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Gunung sari II Kota Makassar.

Virra Yunita Baharudin (2023) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Gunung sari II Kota Makassar.

[img] Text
LoA_ Virra Yunita Baharudin.pdf

Download (140kB)

Abstract

Virra Yunita Baharudin . 2022. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Gunung sari II Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing Rohana dan Nurhaedah). Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V UPT SPF SDN Gunung Sari II Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Gunug Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan Model Problem Based Learning. (2) Keterampilan berbicara pada . Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah UPT SPF SDN Gunung sari II Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 10 peserta didik kelas V UPT SPF SDN Gunung Sari II Kota Makassar. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Dan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus II berada pada kategori baik. Kemudian hasil dari keterampilan berbicara pada siklus I dan II mendapatkan nilai rata-rata 69 dan 81 Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V UPT SPF SDN Gunung Sari II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:25
Last Modified: 21 Sep 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item