Pengembangan E-LKPD Numerasi Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Problem Solving Untuk Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar.

Nurfauzia (2023) Pengembangan E-LKPD Numerasi Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Problem Solving Untuk Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar.

[img] Text
2. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurfauzia, 2023. Pengembangan E-LKPD Numerasi Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Problem Solving Untuk Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ir. Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd., IPM. dan Siti Raihan, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan E-LKPD numerasi materi bangun datar berbasis problem solving untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk yang dihasilkan berupa E-LKPD numerasi berbasis problem solving yang dikembangkan menggunakan web aplikasi liveworksheets. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada uji coba one to one, kelompok kecil, kelompok besar dan evaluasi guru kelas IV SD. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 75% dengan kategori valid, ahli media diperoleh sebesar 89% dengan kategori sangat valid dan ahli perangkat pembelajaran diperoleh sebesar 77,5% dengan kategori valid. Hasil evaluasi peserta didik uji coba one to one diperoleh persentase sebesar 90,6%, kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90,3% dengan kategori sangat layak. Serta, hasil evaluasi guru kelas IVA dan guru kelas IVB masing- masing diperoleh sebesar 92% dan 96% dengan kategori sangat layak. Sehingga E-LKPD numerasi materi pengenalan bangun datar berbasis problem solving untuk siswa kelas IV SD layak dan dapat dipergunakan sebagai salah satu bahan ajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:21
Last Modified: 21 Sep 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34145

Actions (login required)

View Item View Item