Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 1

Dian Lestari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 1.

[img] Text
48239-121329-1-PB.pdf

Download (450kB)

Abstract

Dian Lestari, 2023, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 1. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Latri Aras).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran inquiry pada muatan pelajaran IPS di kelas V (2) gambaran hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas V (3) pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ialah Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry dan hasil belajar. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Rapokalling 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas V UPT SPF SD Inpres Rapokalling 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:15
Last Modified: 21 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34144

Actions (login required)

View Item View Item