Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung

Kiki Alfira (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung.

[img] Text
JURNAL KIKI ALFIRA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Kiki Alfira, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Pembimbing I Nurhaedah dan Pembimbing II Hartoto). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPD SD Negeri Tidung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung, pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 26 orang siswa, yang digunakan terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi guru serta lembar penilaian keterampilan berbicara siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitaif deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas mengajar guru dan siswa serta keterampilan berbicara siswa. Pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan aktivitas mengajar guru berada pada kategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I dikategorikan kurang terampil karena hanya beberapa orang siswa yang memenuhi indikator ketuntasan dan pada siklus II keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori terampil. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:11
Last Modified: 21 Sep 2023 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34143

Actions (login required)

View Item View Item