Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Anugrah Putri Utami (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Anugrah Putri Utami.docx

Download (123kB)

Abstract

Anugrah Putri Utami, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Latri,S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika pada siswa? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika pada siswa? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada siswa? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika pada siswa. (2) Gambaran hasil belajar matematika pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah quasi experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 92 orang siswa. Adapun sampel penelitian ini siswa kelas VA dan VB sebanyak 62 orang dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis teknik cluster random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data berupa nilai dari raport siswa yang dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji t (parsial), uji koefisien korelasi (R), dan uji koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar memberikan pengaruh positif terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori efektif menjadi sangat efektif. 2) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih meningkat dibandingkan hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar matematika dari kategori sangat kurang meningkat ke kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada pembelajaran matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:20
Last Modified: 20 Sep 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34140

Actions (login required)

View Item View Item