Meningkatkan Kosa Kata Anak Autis Kelas III Menggunakan Media Audio Visual (Video) di SLBN 1 Gowa

Rizky Amalia (2023) Meningkatkan Kosa Kata Anak Autis Kelas III Menggunakan Media Audio Visual (Video) di SLBN 1 Gowa.

[img] Text
JURNAL-RIZKY AMALIA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Rizky Amalia, 2023. Meningkatkan Kosa Kata Anak Autis Kelas III Menggunakan Media Audio Visual (Video) di SLBN 1 Gowa. Penyelesaian skripsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan kosa kata anak autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLBN 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Melalui Media Audio Visual (Video) pada Anak Autis kelas III di SLBN 1 Gowa?”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan kosa kata anak autis kelas III di SLBN 1 Gowa sebelum diberikan intervensi, (2) Kemampuan kosa kata anak autis kelas III di SLBN 1 Gowa selama diberi intervensi, (3) Kemampuan kosa kata anak autis kelas III di SLBN 1 Gowa setelah diberikan intervensi, (4) Mengetahui peningkatan kemampuan kosa kata setelah menggunakan media audio visual (video) berdasarkan analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi intervensi dan setelah diberikan intervensi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas III di SLBN 1 Gowa yang berinisial FN. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A�B-A. Kesimpulan penelitian ini: (1) Kemampuan kosa kata anak sebelum diberikan intervensi masih berada pada kategori sangat rendah. (2) Kemampuan kosa kata anak selama diberikan intervensi meningkat kekategori sangat tinggi. (3) Kemampuan kosa kata anak setelah diberikan intervensi menurun kekategori tinggi. (4) Kemampuan kosa kata pada anak berdasarkan analisis antar kondisi yakni: dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori sangat tinggi selama pemberian intervensi dan dari kategori sangat tinggi menurun menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan kosa kata anak setelah diberikan intervensi menurun akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan intervensi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:56
Last Modified: 20 Sep 2023 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item