PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) UNTUK MRNINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI I KOTA MAKASSAR

NUR HIKMA APRIYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) UNTUK MRNINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
jurnal hikma.docx

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa di kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penedekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tahan pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah membaca pemahaman dan penerapan model pembelajaran DRTA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas kelas V sebanyak 25 orang siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap siklusnya. Hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan Kualifikasi cukup dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci: Model DRTA (Directed Reading Thinking Activity), Keterampilan Membaca Pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:22
Last Modified: 19 Sep 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34131

Actions (login required)

View Item View Item