PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 53 MAKKARAENG

ADRIANNI (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 53 MAKKARAENG.

[img] Text
ARTIKEL_ADRIANNI.docx

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 53 Makkaraeng Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS pada siswa Kelas V SDN 53 Makkaraeng Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, dan (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 53 Makkaraeng Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 53 Makkaraeng berjumlah 51 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teknik sampel jenuh yang berjumlah 51 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP) dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP) saat diterapkan menjadikan siswa tertarik sehingga menghasilkan kategori sangat baik. Adapun hasil belajar berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkn kategori baik. Sementara hasil belajar posttest pada kelas kontrol menunjukkan kategori baik namun lebih rendah daripada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh sig (nilai probabilitas) sebesar 0,02 < 0,05, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan (treatment). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 53 Makkaraeng Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (DAP), Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:53
Last Modified: 19 Sep 2023 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34127

Actions (login required)

View Item View Item