PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO. 23 PATTONTONGAN KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

KIRANA NURHALIZA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO. 23 PATTONTONGAN KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
JURNAL Kirana Nurhaliza (1947442002).pdf

Download (146kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Checks dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau Qualitative Research. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Checks. Setting dari penelitian ini adalahsiswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, penelitian ini menggunakan dua siklus yang pertama siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/evaluasi dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Checks dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru dan peserta didik, dokumentasi dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, serta angket yang digunakan untuk mengukur karakter peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Checks dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan pada siklus I berada pada kategori Cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Checks dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN No. 23 Pattontongan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Think Pair Checks, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:42
Last Modified: 19 Sep 2023 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item