PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI

Nuramalia (2023) PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI.

[img] Text
JURNAL NURAMALIA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya ketmampuan mem�baca pemahaman siswa. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah gam�baran penerapan model RADEC, bagaimanakah gambaran hasil kemampuan membaca pemahaman siswa serta apakah terdapat pengaruh model RADEC ter�hadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model RADEC, gambaran hasil kemampuan membaca pem�ahaman siswa dan untuk mengetahui pengaruh model RADEC terhadap kemam�puan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC), sedangkan varia�bel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar dengan jumlah 70 siswa. Sampelnya adalah kelas IVA 35 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ob�servasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menujukkan bahwa penerapan model RADEC berada pada kategori sangat baik dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan perbedaan yang signif�ikan antara hasil tes kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ter�dapat pengaruh model RADEC terhadap hasil Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Kata kunci: Model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC);Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:35
Last Modified: 19 Sep 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34124

Actions (login required)

View Item View Item