PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

ANNISA MULIANI ILMI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA.

[img] Text
Artikel_Annisa Muliani Ilmi_1947040018.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBl). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan Tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus dilakukan 2 pertemuan diawali dengan pra Tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengetahui tingkat presentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 137 Caramming yang berjumlah 20 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknnik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian sikus I pada hasil observasi yang telah diuraikan pada hasil observasi proses pembelajaran aspek guru mencapai kategori cukup, begitu juga pada hasil diperoleh pada aspek pembelajaran siswa yang mencapai kategori cukup.berdasarkan hasil tes evaluasi yang dijawab oleh 20 siswa, terdapat 13 dari 20 siswa yang mencapai ≥ 75% sehingga dikatakan tuntas, 7 siswa yang belum mencapai KKM sehingga dikatakan belum tuntas di kategorikan cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hal ini berdasarkan hasil tes evaluasi siswa terdapat 17 yang telah mencapai 75 KKM sehingga dapat dikatakan tuntas dan 3 yang belum mencapai ≥ 75 KKM sehingga dapat dikatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka mencapai kategori baik dan telah mencapai tingkat keberhasilan siswa yaitu ≥ 76% dan dikategorikan baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Klas V SD Negeri 137 Caramming. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBl), Hasil Belajar, Pembelajaran IPA..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:13
Last Modified: 19 Sep 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item