Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V SDN Paladingan Kabupaten Gowa

MANTARI (2023) Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V SDN Paladingan Kabupaten Gowa.

[img] Text
JURNAL MANTARI.pdf

Download (534kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Sikap Percaya diri Pada Siswa Kelas V SDN Paladingan Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan sikap percaya diri dengan menggunakan metode debat Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Paladingan sebanyak 14 siswa. Hasil penelitian pada siklus pertama dari 34 siswa dengan jumlah dua kali pertemuan ada 18 siswa yang berkesempatan praktik debat, dalam kegiatan tersebut 8 siswa yang tidak tuntas dalam pelaksanaan tindakan siklus pertama, dengan ketuntasan belajar yang diperoleh dalam siklus pertama yaitu Kategori tergolong rendah Sedangkan pada siklus kedua, dimana sebanyak 27 siswa masih terdapat 1 siswa yang tidak tuntas dalam pelaksanaan tindakan siklus kedua, dalam pelaksanaan siklus kedua secara klasikal ketuntasan belajar yang diperoleh dalam siklus kedua ini yaitu berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan sikap percaya diri siswa kelas V SDN Paladingan Kabupaten Gowa dengan penerapan metode debat mengalami peningkatan. Kata Kunci: Sikap percaya diri, Metode debat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:07
Last Modified: 19 Sep 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34122

Actions (login required)

View Item View Item