PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROUND TABLE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III UPT SPF SDN KIP BARA-BARAYA 1 KOTA MAKASSAR

WAHYUNI DM (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROUND TABLE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III UPT SPF SDN KIP BARA-BARAYA 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Wahyuni DM_1947242047.pdf

Download (165kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning Tipe Round Table dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilaukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dab refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase keterampilan menulis siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1 Kota Makassar pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Pada siklus I hasil pengamatan pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes keterampilan menulis pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil pengamatan pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan keterampilan menulis berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning Tipe Round Table dapat mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Learning Tipe Round Table, Menulis Karangan Narasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:04
Last Modified: 19 Sep 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item