Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visual, and Intellectual (SAVI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar

FITRIANI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visual, and Intellectual (SAVI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL FITRIANI_1947040016.pdf

Download (275kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca puisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Fokus dari penelitian ini adalah penerapan model SAVI dan Kemampuan membaca puisi. Setting dan subjek penelitian ini adalah seorang guru dan seluruh siswa kelas IV B yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran somatic, audiotory, visual, and intellectual (SAVI) dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model somatic, audiotory, visual, and intellectual (SAVI) dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah,Pembelajaran Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:36
Last Modified: 19 Sep 2023 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item